Telepon Desa Online

0813-8036-9437

Desa Mekarbaru

Profil Desa

SEJARAH

Desa Mekarbaru

Pada masa dahulu Desa Mekarbaru mulanya hanya berupa hutan belukar atau rimba namun berangsur-angsur datanglah masyarakat dari kerajaan antah brantah seperti air tiris, rumpia, jengkoleuen, dan danau bengkoang untuk membuka lahan perkebunan dan ladang berpindah-pindah setelah hutan ditebang, mereka berladang kemudian ditanam karet tetapi mereka tidak bermukim di tempat tersebut hanya menginap beberapa hari kemudian mereka pulang, kemudian datang lagi untuk menjenguk kebun mereka.

Setelah masa penjajahan Jepang berakhir barulah ada masyarakat yang bermukim di Kopo, nama Kabayan belum jelas asal usulnya dan siapa yang memberi nama Kabayan tersebut, ada sebagian masyarakat yang mengatakan adanya pohon pinang yang tertanam di dekat sungai, dan adapula yang memberi makna sendiri bahwa pohon pinang yang lurus menandakan kelurusan dan kejujuran. Sungai bermakna sumber kehidupan yang memberi kesejukan dan kesuburan kepada masyarakat namun yang jelas sampai saat ini belum ada yang menemukan asal usul nama Kabayan secara pasti.

Desa Mekarbaru, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang-Banten, merupakan desa yang berdiri sejak tahun 1984. Terbentuknya Desa Mekarbaru adalah proses pemisahan atau pemekaran wilayah dari Desa Kopo, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang-Baneten.

Daftar Kepala Desa dan periodesasinya

  1. Tahun 1984 Lili Roheli sebagai Plt Kepala desa
  2. Tahun 1986-1994 Ujang Madlili sebagai kepala desa
  3. Tahun 1994-2003 H Sobani sebagai kepala desa
  4. Tahun 2003-2009 H Afifi sebagai kepala desa
  5. Tahun 2009-2015 Jahod Saudi sebagai kepala desa
  6. Tahun 2015-2021 Apipah sebagai kepala desa
  7. Tahun 2021-2027 Sobari sebagai kepala desa

Desa Mekarbaru Potensi Desa

Dengan bantuan Pemerintah kami mencoba mengembangkan beberapa potensi desa yang ada pada desa kami. Kami memilih beberapa sektor untuk ditampilkan pada website agar semua orang mengetahui apapun tentang desa kami.

Desa Mekarbaru Visi Desa

“Terwujudnya Kabupaten Serang yang Semakin Maju, Sejahtera, Berkeadilan dan Agamis”

Desa Mekarbaru Misi Desa

  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa yang partisipatif, akuntabel, transparan, dinamis dan kreatif.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan keagamaan.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan sektor pertanian, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, kependuduka dan ketenagakerjaan.
  4. Meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan masyarakat melalui pengelolaan pertanian intensifikasi yang maju, unggul dan ramah lingkungan menuju desa agrobisnis.
  5. Meningkatkan infrastruktur desa melalui peningkatan-peningkatan prasarana jalan, energi listrik, pengelolaan sumber daya air, pengelolaan lingkungan, penataan ruang dan perumahan.
  6. Menanggulangi kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan perekonomian perdesaan.
  7. Menyusun regulasi desa dan menata dokumen-dokumen yang menjadi kewajiban desa sebagai payung hukum pembangunan desa.

Kenali Staf Desa Kami Pemerintah Desa

nama

jabatan

nama

jabatan

Ina Martinah

Sekretaris Desa

nama

jabatan

nama

jabatan

nama

jabatan

nama

jabatan

Shopping Cart
Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?